Tips Blogger | Tips Komputer | Tips Internet | Bisnis Online Tips

 

Perawatan Hardwere Komputer


Kali ini saya akan membahas Tips Perawatan Komputer dari sisi Hardwere langsung saja..............
  1. Konsentrasi debu yang menempel pada perangkat di dalam CPU maupun Monitor.Khususnya pada komputer (PC) yang ditempatkan di ruang terbuka. Konsentrasi debu tinggiakan menyebabkan koneksi pada soket peripheral terganggu. Selain itu pada saat musimpenghujan atau suhu lembab debu akan menyerap uap air dan bersifat seperti konduktoryang dapat menghubung singkat (konsleting). Selain itu juga mengakibatkan lapisan isolatorpada PCB terkelupas sehingga menyebabkan korosi pada jalur tembaga. Kalau ini terjadi,maka perawatan komputer akan lebih sulit karena tidak ada cara lagi selain mengganti perip heral.
  2. Pendinginan. Pada beberapa jenis komputer khususnya komputer jadul memiliki suhuprosessor yang cukup tinggi namun memiliki cara pendinginan yang saya rasa masihkurang.
  3. Space Harddisk yang tidak proporsional. Harddisk ukuran 80GB tentunya tidakproporsional kalau hanya ada 2 partisi masing-masing 40GB C dan D. Padahal pemakaianSystem C tidak lebih dari 10 GB.
  4. Pemasangan peripheral yang kurang pas atau kurang kokoh. Biasanya ini seringterjadi pada PC rakitan lokal. Sering cara pemasangan Motherboard atau peripherallainnya dengan sekrup yang tidak lengkap atau kurang kencang. Hal ini bisa berakibat fatal.
  5. Cara pemasangan soket yang kurang nancap atau kurang kencang, ini juga bisaberakibat fatal.
  6. Kondisi Power Suply. Ini sering lolos perhatian saat kita merawat komputer. Padapemakaian yang sudah lama, kebanyakan power suply akan mengalami retak-retak padasolderan komponennya.
  7. Kapasitas Daya Power Supply yang kurang memadai.
  8. Tidak Menggunakan Stavolt. Banyak orang yang meremehkan penggunaan stavoltmaupun pemilihan jenis dan kualitas stavolt.
  9. Suhu ruangan. Suhu ruangan ideal untuk PC sekitar 19 derajat Celcius.
  10. Listrik yang sering drop/mati atau kurang daya. Hal ini akan menyebabkan komputermati secara mendadak tanpa proses Shutdown.
  11. Kondisi fisik solderan, ini khusus pada Monitor.? Kebanyakan kerusakan monitordisebabkan oleh solderan yang retak atau lepas akibat usia dan panas yang ditimbulkan selama pemakaian.

Comments :

0 komentar to “Perawatan Hardwere Komputer”

Posting Komentar

Blog Status

Daily Categories